Judul :
Menjadikan Blog Sebagai Media Pembelajaran
Resume ke - : 5
Gelombang : 28
Tanggal : 18 Januari 2023
Tema : Blog Sebagai Media Pembelajaran
Narasumber : Dail Ma’ruf, M. Pd.
Moderator : Purbaniasita KS, S. Pd.
Buah pepaya buah
mangga
Bervitamin untuk
sehat
Selamat berjumpa
di resume kelima
Ayo rajin
menulis agar lebih bermanfaat
Semangaaaat...
Ada 3 pertanyaan yang sering muncul terkait dengan blog: Apa sih blog itu?
Apa kegunaannya? Apakah blog bisa digunakan sebagai media pembelajaran?
(Ma’ruf, Dail). Ketiga pertanyaan ini adalah pertanyaan yang mendasar.
Blog atau weblog pertama kali diperkenalkan oleh Jhon Barger pada tahun
1998. Weblog dikhususkan untuk istilah website yang bersifat pribadi dan sering
diperbarui dari waktu ke waktu. Karena bersifat pribadi, blog dapat memuat
opini dan hal – hal lain untuk mengaktualkan diri yang dikabarkan pada
komunitas global.
Blog tidak berbeda dengan media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram,
email, Tik Tok, You tube. Blog dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal yang positif.
Blog ada berbagai macam: blog pendidikan, blog sastra, dan blog pribadi.
Blog pendidikan biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. Blog sastra lebih
dikenal sebagai litblog (literary blog) yang berisi masalah yang berkaitan
dengan dunia sastra. Blog pribadi atau buku harian online berisi tentang
pengalaman keseharian seseorang yang bisa berupa keluhan, puisi, gagasan, dan
perbincangan dengan teman. Selain itu juga masih ada lagi blog bertopik, blog
kesehatan, blog politik, blog perjalanan, blog riset, blog hukum atau blog
laws, blog media, blog agama, blog bisnis.
Ada 5 manfaat blog bagi pendidikan. Pertama, blog dapat menjadi
rumah belajar. Guru dapat berbagi dan menyalurkan kreativitasnya melalui blog
ini. Kedua, blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar.
Materi mengajar, tugas siswa, atau informasi – informasi lainnya dapat
dimasukkan ke dalam blog. Ketiga, blog dapat meningkatkan minat belajar
para siswa. Sebuah permasalahan atau materi pelajaran dapat diunggah ke dalam
blog dengan bahasa yang lebih santai sehingga para siswa bisa blogwalking
dan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Keempat, blog
dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia. Guru dapat berbagi materi
pelajaran dengan cakupan yang lebih luas sehingga orang yang membutuhkan dapat
mengakses dengan lebih mudah dan murah. Kelima, blog dapat menjadi media
untuk menjalin silaturahmi. Blog dapat menjadi sarana bertemu secara tidak
langsung dan berkomunikasi satu dengan yang lain.
Menurut penelitian dari Bapak Sartono dan Doktor Wijaya Kusumah, blog mampu
meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Dengan demikian, blog dapat
dimanfaat sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa, secara khusus kemampuan menulis.
Menurut Mayor Nani, blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran
dengan cara guru mengirimkan tugas - tuga di blog. Siswa menjawab di blog mereka masing - masing dan mengirimkan linknya di group. Siswa lain diberi tugas untuk berkunjung minimal
di 2 blog temannya. Pembatasan minimal 2 blog ini didasari alasan bahwa siswa
juga masih mempunyai tugas - tugas dari guru yang lain.
Materi pertemuan kelima ini sangat bermanfaat untuk seorang guru dengan
narasumber Bapak Dail Ma’ruf, M.Pd yang dulunya juga peserta KBMN 20. Sudah
menjadi kurator lebih dari 10 buku. Semoga pada suatu kesempatan saya dapat menerapkan
ilmunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar