Jumat, 20 Januari 2023

Menjadikan Blog Sebagai Media Pembelajaran


Judul               : Menjadikan Blog Sebagai Media Pembelajaran

Resume ke -    : 5

Gelombang      : 28

Tanggal           : 18 Januari 2023

Tema               : Blog Sebagai Media Pembelajaran

Narasumber     : Dail Ma’ruf, M. Pd.

Moderator       : Purbaniasita KS, S. Pd.

 

Buah pepaya buah mangga

Bervitamin untuk sehat

Selamat berjumpa di resume kelima

Ayo rajin menulis agar lebih bermanfaat

 

Semangaaaat...

 

Ada 3 pertanyaan yang sering muncul terkait dengan blog: Apa sih blog itu? Apa kegunaannya? Apakah blog bisa digunakan sebagai media pembelajaran? (Ma’ruf, Dail). Ketiga pertanyaan ini adalah pertanyaan yang mendasar.

Blog atau weblog pertama kali diperkenalkan oleh Jhon Barger pada tahun 1998. Weblog dikhususkan untuk istilah website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. Karena bersifat pribadi, blog dapat memuat opini dan hal – hal lain untuk mengaktualkan diri yang dikabarkan pada komunitas global.

Blog tidak berbeda dengan media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, email, Tik Tok, You tube. Blog dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal yang positif. 

Blog ada berbagai macam: blog pendidikan, blog sastra, dan blog pribadi. Blog pendidikan biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. Blog sastra lebih dikenal sebagai litblog (literary blog) yang berisi masalah yang berkaitan dengan dunia sastra. Blog pribadi atau buku harian online berisi tentang pengalaman keseharian seseorang yang bisa berupa keluhan, puisi, gagasan, dan perbincangan dengan teman. Selain itu juga masih ada lagi blog bertopik, blog kesehatan, blog politik, blog perjalanan, blog riset, blog hukum atau blog laws, blog media, blog agama, blog bisnis.

Ada 5 manfaat blog bagi pendidikan. Pertama, blog dapat menjadi rumah belajar. Guru dapat berbagi dan menyalurkan kreativitasnya melalui blog ini. Kedua, blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar. Materi mengajar, tugas siswa, atau informasi – informasi lainnya dapat dimasukkan ke dalam blog. Ketiga, blog dapat meningkatkan minat belajar para siswa. Sebuah permasalahan atau materi pelajaran dapat diunggah ke dalam blog dengan bahasa yang lebih santai sehingga para siswa bisa blogwalking dan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Keempat, blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia. Guru dapat berbagi materi pelajaran dengan cakupan yang lebih luas sehingga orang yang membutuhkan dapat mengakses dengan lebih mudah dan murah. Kelima, blog dapat menjadi media untuk menjalin silaturahmi. Blog dapat menjadi sarana bertemu secara tidak langsung dan berkomunikasi satu dengan yang lain.

Menurut penelitian dari Bapak Sartono dan Doktor Wijaya Kusumah, blog mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis. Dengan demikian, blog dapat dimanfaat sebagai salah satu media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa, secara khusus kemampuan menulis.

Menurut Mayor Nani, blog dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan cara guru mengirimkan tugas - tuga di blog. Siswa menjawab di blog mereka masing - masing dan mengirimkan linknya di group. Siswa lain diberi tugas untuk berkunjung minimal di 2 blog temannya. Pembatasan minimal 2 blog ini didasari alasan bahwa siswa juga masih mempunyai tugas - tugas dari guru yang lain.

Materi pertemuan kelima ini sangat bermanfaat untuk seorang guru dengan narasumber Bapak Dail Ma’ruf, M.Pd yang dulunya juga peserta KBMN 20. Sudah menjadi kurator lebih dari 10 buku. Semoga pada suatu kesempatan saya dapat menerapkan ilmunya. Sebagai penutup dan penyemangat untuk terus menulis sehingga dapat menghasilkan buku, pepatah yang Pak Dail kutip “Man Jadda Wajada” - “There are a want there are a way”. I hope so.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar